SELAMAT DATANG DI BLOG PEMBURU BEASISWA TOKYO DAIGAKU

Sabtu, 10 November 2012

Fungsi dan Proses Kerja Peralatan TIK


FUNGSI Dan PROSES KERJA PERALATAN TEKNOLOGI INFORMASI Dan KOMUNIKASI

________________________________________
Standar Kompetensi : 2.Memahami fungsi dan Proses Kerja barbagai Peralatan Teknologi Informasi Dan     Komunikasi
 Kompetensi Dasar : 2.1Menjelaskan fungsi,proses kerja komputer,dan telekomunikasi,serta berbagai peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Pertemuan

A. Definisi Teknologi Informasi dan Komunikasi B. Pengertian Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek,yaitu Teknologi Informasi dan Komunikasi.Teknologi Informasi,meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses,penggunaan sebagai alat bantu,manipulasi,dan pengolahan informasi. Karena itu, Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah semua kegiatan yang berhubungan dengan pemrosesan,manipulasi,pengolahan, dan transfer informasi antar media.
TIK bertujuan agar kita bisa mamahami peralatan yang digunakan dalam TIK.

B. Fungsi Komputer dan Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Komputer merupakan salah satu peralatan teknologi Informasi dan komunikasi.Selain komputer masih banyak peralatan teknologi Informasi dan Komunikasi yang lainnya,diantaranya sebagai berikut : 1. Komputer yaitu alat yang berguna untuk mengolah data menjadi informasi. Komputer Mata Pelajaran : Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas : 10/Semester1  BAHAN AJAR Teknologi Informasi Dan Komunikasi SMA Kelas10 2 SEMESTER 1  2. Proyektor LCD (Liquid Crystal Display), yaitu alat untuk menayangkan informasi yang berasal dari komputer atau media informasi lain seperti DVD Player. Alat ini memiliki keunggulan karena mampu menayangkan informasi berformat video.

C. Proyektor LCD sering digunakan sebagai alat presentasi atau media pembelajaran di kelas. Gambar 2.2 Proyektor LCD 3. OHP (Over Head Projector) yaitu alat untuk menayangkan informasi statis yang tertulis pada plastik transparansi. Tidak seperti proyektor LCD, OHP hanya dapat menayangkan gambar diam. Alat ini muncul lebih dulu sebelum proyektor LCD ditemukan. Gambar 2.3 OHP (Over Head Projektor) 4. Radio yaitu alat penerima informasi yang berasal dari stasiun pemancar berupa gelombang elektromagnet yang membawa informasi suara. Gelombang ini melintas dan merambat melalui udara, bahkan merambat melalui ruang angkasa yang hampa udara BAHAN AJAR Teknologi Informasi Dan Komunikasi SMA 4.
D. Televisi yaitu alat penerima informasi yang berupa gambar dan suara. Televisi berasal dari kata tele (jauh) dan vision (tampak/visual). Artinya, informasi dapat dipancarkan dari jarak jauh dan penerima informasi membutuhkan sebuah alat yang disebut televisi untuk menerima informasi dalam bentuk suara dan visual 5.

E. Faximile yaitu alat untuk mengirim dan menerima dokumen melalui jalur telepon. cara kerja faximile mirip dengan mesin fotokopi atau scanner, hanya saja outputnya keluar di tempat yang jarak jauh. Tentu saja, pengirim dan penerima harus sama-sama memiliki mesin faximile agar dapat mengirim informasi. 6. Satelit Komunikasi yaitu benda buatan manusia yang diletakkan di ruang angkasa untuk keperluan telekomunikasi. Ada bermacam-macam fungsi satelit, Gelombang yang dipancarkan stasiun televisi dipancarkan ke ruang angkasa terlebih dahulu dan diterima oleh satelit, kemudian baru diteruskan ke wilayah yang sulit dijangkau oleh antena pemancar di permukaan bumi. BAHAN AJAR Teknologi Informasi Dan Komunikasi SMA Kelas10 4 SEMESTER 1 7. Handphone atau telepon seluler yaitu alat komunikasi bergerak untuk mengirim data suara. Teleponseluler menggunakan gelombang elektromagnet sebagai media penghantar. Kelebihan telepon seluler dibanding telepon biasa adalah sifatnya yang mudah dibawa.

F. Di Indonesia, ada dua jenis jaringan telepon seluler, yaitu jaringan GSM dan jaringan CDMA Dewasa ini, Telephon Seluler atau Handphone C.Elemen Sistem Komputer Agar komputer berfungsi sebagai pengolah data yang dapat menghasilkan informasi maka diperhatikan sistem komputer (Computer System).Ada tiga elemen dalam sistem komputer yang saling berkaitan satu sama lainnya yang menjadi satu kesatuan.Berikut ini elemen sistem komputer yaitu : 1. Hardware atau perangkat keras, peralatan komputer yang secara fisik dapat dilihat dan diraba.Hardware terdiri dari beberapa perangkat yaitu : Input,Proses,Output,Media Stroage dan Periferal.kelima perangkat tersebut saling berhubungan dengan microprocessor.

G. 2. Software atau perangkat lunak,program yang berisi instruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data. Contohnya program pengolah kata (Word-Processing).Software terdiri dari beberapa jenis,yaitu system operasi,program aplikasi,bahasa pemrograman dan utility system. 3. Brainware,manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan sistem komputer. Berdasarkan tugasnya Brainware dibagi menjadi 3 yaitu : - Operator,adalah pengguna komputer yang bertugas untuk memasukan data dan mengolahnya menjadi informasi.

H. Contohnya operator bagian akuntansi. - Programer, adalah pengguna komputer yang bertugas membuat perangkat lunak.Contohnya programmer software Sistem Akuntansi dan Administrasi. - Analisis Sistem,adalah pengguna komputer yang bertugas merancang suatu program dan menganalisis sistem komputer.Contohnya konsultan Web. D. Data,Informasi,dan Siklus Informasi 1. Data dan Informasi Data merupakan fakta peristiwa yang diambil dari suatu kejadian dan mengandung nilai yang sangat berarti dan data merupakan representasi fisik dari suatu kehidupan yang dapat melahirkan suatu komunikasi dan informasi, data bisa berupa : simbol, gambar, kata, angka, huruf, object dll.
I. Komputer dalam pemrosesannya selalu menggunakan data yang akan diproses untuk dijadikan informasi.Jadi dapat disimpulkan, data adalah fakta yang sudah ditulis dalam bentuk catatan atau direkam ke dalam berbagai bentuk media,sedangkan informasi adalah data yang sudah diolah,dibentuk,atau dimanipulasi sesuai dengan keperluan tertentu.

J. informasi mempunyai ciri – ciri seperti : suatu yang benar atau salah, bersifat baru, menjadikan suatu tambahan referensi, dan bersifat korektif. 2. Siklus Informasi Data yang sudah diolah menghasilkan informasi melalui tahapan-tahapan Input - Proses – Output disebut sebagai proses informasiSiklus pemrosesan data dan informasi Teknologi Informasi. Mengenal Komputer 1. Definisi dan Sejarah Komputer Komputer berasal dari dari bahasa latin yaitu computare dan bahasa inggris yaitu to compute yang artinya “menghitung“ karena komputer pertama diciptakan hanya sebagai mesin penghitung. Secara definisi komputer merupakan alat elektronik yang terdiri dari perangkat input, proses, dan output yang saling berhubungan.Definisi komputer menurut para ahli berbeda-beda sesuai dengan lingkupnya.

K. Beberapa definisi komputer menurut para ahli yaitu : a) Robert H. Blissmer dalam buku Computer Annual, Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

L. b) Donald H. Sanders dalam buku Computer Today, Komputer adalah sistem elektronik untuk memanipulasi data yg cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output dibawah pengawasan suatu langkah-langkah, instruksi2 program yg tersimpan di memori (stored program). c) Hamacher dkk, dalam buku Computer Organization, Komputer adalah mesin penghitung eletronik yg cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yg tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi. Sejarah perkembangan Komputer memiliki arti yang sangat penting bagi dunia.Pada tahun 1942,penemuan computer oleh John V.

M. Atanasoff merupakan salah satu dari perstiwa-peristiwa yang penting dalam sejarah computer,tetapi penemuan-penemuan sebelumnyalah yang lebih berperan dalam penemuan-penemuan komputer berikutnya.Berikut ini penemuan-penemuan yang berperan terhadap perkembangan komputer,yaitu : a) Abacus Abacus sebagai alat hitung manual pertama di dunia.Abacus ditemukan sekitar 5000 tahun yang lalu. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk melakukan perhitungan menggunakan biji-bijian geser yang diatur pada sebuh rak.Abacus lebih dikenal sebagai cipoa (bahasa Cina).Walaupun awalnya abacus ini berasal dari Negara Mesir,tetapi karena kemampuannya yang membantu dalam menghitung kemudian dibawa oleh orang-orang Cina ke negerinya,dan kemudian berubah namanya menjadi cipoa (sempoa).
Dibawah ini ada soal untuk menguji pemahaman anda…

1. Sebuah kotak dari unit sistem sebuah komputer yang terdiri darikomponen seperti CPU, chip memory (RAM dan ROM), motherboard, catu daya, hardisk, dan CD Drive disebut ....
a. case                                     d. program
b. cabinet                                 e. plannar
c. folder

2. Jenis mouse yang menggunakan sumber cahaya kecil dan sebuah detektor yang dapat menentukan gerakan mouse disebut ....
a. optical mouse                      d. active mouse
b. official mouse                      e. trackball
c. electrical mouse


3. Suatu energi yang digunakan untuk mengolah data disebut ....
a. signal input                                    d. link
b. maintenance input                          e. input device
c. output

4. Perangkat keras yang dapat menjalankan CD dinamakan ....
a. CPU                                           d. ROM
b. RAM                                          e. Drive Optic
c. CD drive

5. Operasi perbandingan, testing, translating, editing, dan moving logicdata dalam ALU merupakan bagian dari ....
a. Fixed Point Aritmathic
b. Decimal Aritmathic
c. Floating Point Aritmathic
d. Logic Operation
e. Floating geometric

Tidak ada komentar:

Posting Komentar